Vallisneria sp. : si rumput belut


A: Vallisneria americana "Mini Twister, B: Vallisneria americana var. biwaensis,
 C: Vallisneria americana (natans), D: Vallisneria nana and E: Vallisneria spiralis "Tiger"

Vallisneria gigantea
Mempunyai nama umum eel grass (rumput belut), tape grass (pita rumput), american wild celery (seledri liar)
Distribusi dan habitat: Vallisneria gigantea secara alami menyebar di Irak, Cina, Jepang, Korea, India, Papua Nugini, Filipina, Australia, Kanada, Amerika Serikat, Meksiko, Guatemala, Honduras, Kuba, Republik Dominika, Haiti dan Venezuela. Vallisneria gigantea tumbuh sepanjang tahun di bawah kondisi alam di lahan basah. Bentuk panjang, pipih, menyerupai pita-seperti pita daun berwarna hijau yang muncul bergerombol dari dasar tanaman.


Daun tumbuh bisa mencapai 1.5m (5 kaki) panjang dan sekitar 1 cm (0,4 inci) lebar. Vallisneria gigantea tumbuh di kolam, danau dan sungai yang tenang di kedalaman 1 sampai 4m (3-13 kaki). Vallisneria gigantea menyukai air yang tenang seperti danau dan sungai yang mengalir lambat, ke perairan payau . Dalam kebanyakan akuarium daun yang panjang melewati permukaan akan mengapung untuk itu tanaman perlu dipangkas supaya tidak mengambil terlalu banyak cahaya dari tanaman yang tumbuh di bawah.
Kekerasan air dan tingkat pH bukan faktor penting untuk Vallisneria gigantea, Namun Vallisneria lebih memilih air bersifat alkali. Vallisneria gigantea tidak suka air yang mengalir sehingga tanaman dapat diletakkan menjauh dari saringan pipa kembali. Vallisneria gigantea memiliki adaptasi berbagai macam suhu air 20-28 ° C (68-82 ° F). Vallisneria gigantea mengambil sinar matahari penuh, pertumbuhan akan lebih cepat dan lebih kuat di bawah cahaya terang.
Substrat: Vallisneria gigantea tumbuh baik dalam campuran pasir halus dengan tingkat cahaya menengah. Besi sangat penting untuk tanaman ini, dan cara terbaik untuk memastikan bahwa mereka mendapatkan jumlah yang tepat adalah dengan menggunakan substrat kaya akan zat besi. Untuk merangsang pertumbuhan, pupuk kaya zat besi harus ditambahkan ke air secara berkala. Perbanyakan : Vallisneria gigantea sangat mudah. Setelah 2 sampai 4 minggu dari penanaman tanaman mulai rooting dan akan menghasilkan akar pelari. Jangan memisahkan pelari dari indukan sampai mencapai ukuran yang dapat digunakan.
Varietas Vallisneria :
Vallisneria americana var. biwaensis: Varietas ini memiliki lebar daun sempit sekitar 3-5mm sempit (0,1-0,2 inci) lebar, berbentuk daun serupa tali panjang berpilin bisa mencapai 50cm. Umumnya Vallisneria diletakkan sebagai background latar aquarium, namun adakalanya juga tanaman ini sangat menarik sebagai tanaman middleground bahkan bisa sebagai latar depan di akuarium besar, kita dapat membuat seolah olah  menyerupai tirai yang membuka scape aquarium..
Vallisneria americana "Mini Twister": Tanaman ini digunakan untuk latar depan di akuarium. Seperti yang ditunjukkan oleh namanya, Vallisneria americana "Mini Twister" adalah tanaman agak kecil. Daun pendek (10-15 cm +) (4-6 inci) membuatnya sangat berguna sebagai latar depan maupun tanaman middleground dan daun berpilin menyediakan peluang aksen yang berwarna-warni ketika cahaya tercermin oleh permukaan daun.
Vallisneria americana var. natans: Ini adalah asli Australia dan merupakan spesies yang sangat kuat cocok untuk akuarium. Daunnya memiliki lebar hingga 10 mm dan berbentuk tali, panjang bisa mencapai 50-100 cm. Tanaman ini mudah dirawat dan tidak memiliki persyaratan khusus termasuk CO2 dapat tumbuh dalam interval suhu yang lebar 18-28 ° C, mudah diperbanyak melalui pelari/ stolon.


Wave of the valkyries Author : Teptambot Vol 73,5 L Vallisneria spiralis background
Vallisneria gigantea ditanam dari foreground sampai background menyerupai kanopi halte bus


Tidak ada komentar:

Posting Komentar