Glossostigma elatinoides



Glossostigma elatinoides berasal Selandia Baru, Australia dan Tasmania. Glossostigma elatinoides pertama kali diperkenalkan oleh Takashi Amano Aquascaper asal Jepang pada awal 1980-an. Amano memamerkan tanaman ini pada Iwagumi and Nature Style Aquarium, di mana pertumbuhan yang datar dan kompak dari Glossostigma elatinoides membuat banyak aquascapers terpesona. Pada saat itu, tanaman ini adalah spesies foreground terkecil yang tersedia untuk ditanam di akuarium.


Sampai hari ini, Glossostigma elatinoides tetap menjadi salah satu tanaman foreground paling populer untuk ditanam di akuarium.
Karakteristik Pertumbuhan
Meskipun merupakan tanaman yang relatif mudah tumbuh, namun untuk dapat tumbuh rendah dan kompak secara horisontal, Glossostigma elatinoides ini menuntut kelimpahan cahaya langsung, karbon dioksida dan air lunak (tidak selalu diperlukan).Pesatnya pertumbuhan tanaman ini menyebabkan cabang horizontal Glossostigma tumbuh bertumpuk di atas satu sama lain. Hal ini pada akhirnya akan menghalangi cahaya ke daerah yang lebih rendah sehingga menyebabkan tanaman melepaskan diri dari substrat. Namun apabila keterjangkauan dan kelimpahan cahaya tidak mencukupi pertumbuhan Glossostigma lambat, dan cenderung tumbuh mengarah vertikal ke atas (untuk mengejar sumber cahaya) dibanding horisontal ke samping (menyebar seperti karpet).
Untuk menyebarkan Glossostigma elatinoides, dapat dilakukan dengan memotong akar pelari atau memisahkan individu plantlet dan menanam kembali. Dalam waktu satu sampai dua minggu, Glossostigma elatinoides akan tumbuh kembali dan mengisi latar depan. Jika tanaman ini mulai tumbuh ke atas, kita perlu memangkas vertikal batang untuk meningkatkan keterjangkauan terhadap pencahayaan dan karbon dioksida.
Aquascaping Aplikasi
Glossostigma elatinoides ini paling sering digunakan di daerah foreground akuarium. Beberapa aquascapers menggunakan elatinoides Glossostigma sebagai spesies tunggal pada tata letak gaya Iwagumi, atau mereka dapat mengkombinasikan tanaman dengan spesies kecil lainnya sebagai foreground seperti Riccia fluitans, hairgrass kerdil Oleocharis parvula, atau Echinodorus tenellus.
Glossostigma elatinoides dalam gaya iwagumi
Profil tanaman
Scientific Name: Glossostigma elatinoides
Common Name: Glossostigma elatinoides
Difficulty: Advance
CO2 Requirements: Moderate
Lighting Requirements: High
Plant Arrangement: Foreground
Growth Rate: Fast
Family: Scrophulariaceae
Genus: Althernanthera
Origin: Australia
Plant Type: Stem
Water Hardness: Soft (GH = 4-8 dH)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar