Tips Untuk Membuat Nano Aquascape

Nano Aquascape < 5 liter  www.aquascapedecor.blogspot.com
Tips yang harus diperhatikan untuk membuat ekosistem nano aquascape
Seperti kita ketahui nano aquascape memiliki ukuran akuarium yang kecil, bisa saja kurang dari 30 liter, 20 liter, 10 liter atau bahkan kurang dari 5 liter, apakah kita masih bisa membuat ekosistem yang stabil dengan sedemikian kecil ukuran.  Yaa bisa saja, apa yang tidak bisa dilakukan manusia dengan rekayasa teknologinya?, bukankah dulu mesin komputer pertama kali diciptakan begitu besar, semakin lama semakin kecil, bahkan dengan teknologi yang juga populer disebut nano; komputer saat ini bisa dimasukkan ke kantong saku.

Demikian halnya dengan aquascape, sejak jaman dulu pedagang dan toko ikan sudah menjual tanaman air, namun permintaan saat itu sepi, kenapa?’ karena tanaman banyak yang mati dan membusuk ketika dipelihara dalam akuarium. Setelah masuk teknologi pupuk dari Jerman,  mulai berkembanglah hobbi aquascape hingga saat ini. Tak hanya teknologi pupuk, bahkan teknologi pendukung lainnya seperti substrat, fertilisasi CO2, dan lain lain menjadikan aquascaper semakin kreatif dalam menciptakan seni aquascape yang indah dengan hanya sedikit kendala.
Memang betul membuat aquascape dengan ukuran yang lebih besar akan memiliki keuntungan tersendiri dibanding dengan nano aquascape. Antara lain ukuran akuarium yang lebih besar lebih menjamin terhadap keberlangsungan dan kestabilan ekosistem, karena parameter parameter air dapat terkendali dengan perubahan yang tidak terlalu drastis. Sementara dengan ukuran akuarium yang jauh lebih kecil parameter tersebut dapat berubah secara drastis yang dapat mengancam baik kehidupan flora maupun fauna. Namun bukan berarti hal tersebut tidak bisa diantisipasi. Disinilah seni dan pengetahuan berpadu dan berperan untuk mengatasi tantangan dalam nano aquascape.
Tips apa yang perlu diperhatikan untuk membuat nano aquascape
1. Ketahuilah jenis tanaman yang akan di tanam, pahamilah karakter tanaman tersebut.
Karena ukuran space akuarium kecil, anda harus berhati hati memilih tanaman air, sebagai tips tentunya pilihlah tanaman air yang memiliki ukuran daun kecil atau kerdil. Ukuran tanaman dan atau daun yang besar hanya menambah kesan semakin kecilnya akuarium, dan kita tidak bisa menciptakan pemandangan landscape/ aquascape apapun dengan kondisi demikian. Sebaliknya dengan ukuran tanaman yang memiliki karakter kerdil atau mini kita dapat menghemat banyak ruang untuk mengatur tata letak tanaman. Tanaman yang kerdil juga tidak boros dalam mengambil unsur hara, demikian pula karbondioksida terlarut untuk fotosintesis tanaman. Tanaman air yang berukuran mini biasanya didominasi oleh tanaman yang biasa dibuat untuk carpet aquarium atau tanaman penutup substrat, seperti Hemiantus cuba, Fissidens fontanus (jenis moss), Riccia fluitans, Oleocharis parvula (jenis hair grass), Echinodorus tenellus, Umbrosum anthemum (montecarlo), Staurogyne repens dll.
Hal ini tidak berarti hanya tanaman sejenis “carpet” saja yang bisa ditanam dalam nano aquascape, anda tetap dapat mengkombinasikannya dengan tanaman tipe stem lainnya atau bahkan tipe rhizome untuk memberikan kesan lebih alami dengan komposisi yang indah pada midground.  Sebagai contoh anda dapat memilih Rotala macrandra mini, Proserpinaca palustris, Anubias nana mini bahkan bila mau Ludwigia arcuata bisa menjadi pilihan. Pengetahuan mengenai jenis tanaman dan karakteristik kebutuhan lingkungan serta kecepatan tumbuhnya sangat penting untuk aquascaper terlebih lagi untuk membuat nano aquascaping. Dalam ukuran akuarium yang kecil tentunya lebih sulit bagi kita melakukan pruning/ pemangkasan atau pemeliharaan tanaman, untuk itu usahakan pilihlah tanaman yang memiliki karakter pertumbuhan lambat. Terlebih lagi tanaman yang memiliki karakter pertumbuhan lambat biasanya juga tidak boros nutrisi. Dalam area akuarium yang berukuran  mini ini disarankan sedapat mungkin menghemat sumber lingkungan lainnya seperti pupuk, dan CO2 terlarut.
2. Fauna
Apakah nano aquarium hanya untuk tanaman saja, jawabannya bisa iyaa. Tentunya ikan akan lebih senang dengan area yang luas, mereka akan hidup lebih sehat, dan ceria bila area bermainnya luas. Akuarium yang berukuran mini akan membuat ikan stress, mengertilah sedikit perasaan ikan .. hehe.
Namun bagi anda yang tetap ingin melengkapi nano akuariumnya dengan fauna yaa sudahlah …, namun ada syaratnya, pilihlah ikan berukuran kecil, seperti ikan neon tetra, peliharalah dalam jumlah sedikit saja sekitar  5 – 8 ikan sudah mencukupi, tambahkan udang seperti neocardinia  cukuplah 5 ekor saja untuk pemakan alga, dan pembersih daun daun tanaman, anda masih bisa menaruh 2 siput seperti zebra. Cukuplah sudah fauna yang sedikit ini untuk menambah menghidupkan suasana mini aquascape kita. Karena sebetulnya dengan ukuran akuarium yang mini, fauna anda akan terlihat lebih maksi dan banyak, karena mereka akan bergerak kesana-kemari dalam area yang sempit.
Bagaimana dengan equipment akuarium  lainnya ?”,
Untuk mini aquascape yang memang berukuran kecil < 10 liter, yang kita letakkan sebagai misal di atas meja belajar, atau meja kerja, atau bahkan meja customer service. Tentunya sulit bagi kita menambahkan equipment lain seperti filter (kecuali eksternal hanging on back filter/ filter gantung kecil), atau tabung CO2; karena tentu saja perabotan itu akan menambah sempit meja yang sudah sempit, di samping merusak pemandangan secara umum yang tentunya ingin menampilkan kesan minimalis, manis, elegan dan tetap rapih di atas meja
Lalu bagaimana ? mudah saja, karena akuarium nano aquascape  ini relatif kecil tentunya tidak terlalu merepotkan bila kita menguras sebagian airnya  (setengah sampai dua pertiga)  dan mengisinya kembali dengan bantuan pipa, disamping untuk membuang kelebihan ammonia, air baru yang dimasukkan ini akan menyegarkan tanaman aquascape, karena air baru ini umumnya masih kaya dengan kadar CO2. Kita hanya perlu waktu sekitar 10 menit untuk melakukan ini. Ingat jangan sampai pekerjaan ini merusak settingan aquascape, anda perlu berhati hati untuk melakukan ini. Untuk mengisi kembali akuarium dengan air letakkanlah mulut pipa pada wadah cangkir sehingga air yang keluar dari pipa tidak menimbulkan gejolak pada lantai akuarium yang bisa mengakibatkan rusaknya settingan aquascape. Anda bisa melakukan pekerjaan ringan ini seminggu sekali.
Satu equipment yang harus ada hanyalah lampu untuk syarat fotosintesis tanaman air, anda bisa mendesain lampu ini sedemikian rupa sehingga nampak kompak dan menyatu dengan bentuk akuarium mini. Atau pergilah ke toko akuarium dan pilihlah yang cocok dengan ukuran mini akuarium anda. Pencahayaan akan menambah indah pemandangan aquascape disamping kebutuhan utamanya untuk berlangsungnya syarat fotosintesis tanaman air.

Keterangan foto :
Tampak samping dan atas
Judul desain nano aquascape : Early Summer Tree
Aquascaper : Hudi Leksono
Akuarium : Custom cylinder acrylic thickness 5 mm diameter 20 cm height 15 cm Vol : < 5 liter
Aquatic plant :
Oleocharis parvula
Echinoderus tenellus
Fissidens fontanus
Taxophyllum barbieri
Ludwigia arcuata
Ludwigia pentanal
Ludwigia repens
Vallisneria americana mini twister
Proserpinaca palustris
Rotala macrandra



1 komentar:

  1. Bagus kak artikelnya, jika ingin tahu seputar ikan hias, bisa nih mampir ke blog saya di Ikan Hias Aquascape

    BalasHapus