Riccia fluitans



Riccia fluitans, dikenal sebagai Crystalwort, adalah tanaman bertipe floating (mengambang). Karena sifatnya yang fleksibel, sering dipakai untuk seni aquascaping yang cukup ‘rumit’ namun bukan berarti tanaman ini sulit bagi pemula.


Riccia fluitans berbentuk dalam cluster tebal, warna hijau terang. Jika anda membiarkan tanpa pemangkasan, Riccia fluitans akan tumbuh menjadi sebuah bola berbentuk rumpun agak pipih. Gumpalan kecil dari Riccia fluitans biasanya mengapung atau tepat di bawah permukaan. Lambat laun tanaman tumbuh lebih besar dan lebih berat, secara bertahap akan tenggelam ke dalam air.
Riccia fluitan tidak berkembang sistem akar nyata, tetapi dapat menjangkarkan dirinya pada benda padat seperti batu dan cabang driftwood. Gunakan seutas tali/ karet gelang untuk menempelkan Riccia fluitan pada batu/ kayu. Anda tidak perlu melepaskan ikatan tali/ karet setelah tanaman menempel / menjangkar karena akan benar-benar tertutup dalam hijau subur Riccia fluitans.
Riccia fluitans di akuarium
Seperti disebutkan sebelumnya, Riccia fluitans adalah tanaman benar-benar serbaguna yang dapat dimanfaatkan dalam berbagai cara di akuarium. Meskipun Riccia fluitans adalah tanaman bertipe mengambang, tapi dapat tumbuh subur dalam kondisi tenggelam sepenuhnya. Anda dapat membiarkannya mengapung bebas atau menjangkarkan pada batu dan kayu apung atau dapat membiarkannya tumbuh di atas batu besar dan / atau tepian di akuarium untuk membuat hijau, dengan lanskap berbukit.
Merawat Riccia fluitans bukanlah hal yang sulit, kecuali jika Anda ingin menghabiskan banyak waktu dengan pemangkasan untuk menjadikannya bentuk tertentu. Dalam kondisi alaminya Riccia fluitans ditemukan dalam berbagai macam habitat di banyak bagian yang berbeda dari alam liar, dan dapat mentolerir suhu air dari 15 sampai 30 derajat C dengan nilai pH dapat bervariasi 6,0-8,0.

Plant Profile
Scientific Name: Riccia fluitans
Common Name: Crystalwort
Difficulty :Moderat
CO2 Requirements: Moderate
Lighting Requirements: High
Plant Arrangement: Midground
Growth Rate: Fast
Family: Ricciaceae
Genus: Riccia
Origin: Worldwide
Plant Type: Floating
Water Hardness: Medium (GH = 9-13 dH)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar