Rotala macrandra red



Rotala macrandra merupakan salah satu tanaman air berwarna merah yang dapat langsung dibedakan dengan melihat dari daun yang tipis sedikit bergelombang. Bentuk daunnya yang kecil imut dan batangnya yang langsing cocok untuk ditanam pada aquarium yang mini (mini aquascape). Tanaman ini merupakan salah satu tanaman yang cukup sulit dan memiliki tantangan tersendiri dalam perawatan  di akuarium.Tanaman air ini asli Asia Tenggara dan menyebar dari India, tumbuh secara alami di rawa dan di samping vegetasi riparian lainnya.

Rotala macrandra juga dibudidayakan di varian lain seperti Rotala macrandra var. Green (daun hijau terang dengan undersides sedikit merah muda) dan Rotala macrandra variegata (kombinasi dari berbagai warna merah dan variasi hijau.
Karakteristik Pertumbuhan
Rotala macrandra membutuhkan banyak
intensitas cahaya, dan karbon dioksida, suhu air 24 derajat celcius, dan substrat yang subur agar sukses. Keterbatasan Nitrogen juga diperlukan untuk mendorong munculnya warna merah yang kaya dari daun. Menyukai kesadahan air cenderung soft KH 8.
Daun Rotala
macrandra akan tumbuh berpasangan berhadapan/berlawanan sepanjang batang. Tanaman dapat mencapai ketinggian 20 inci (50 cm). Rotala macrandra mungkin memerlukan waktu yang cukup untuk menyesuaikan diri dengan parameter air baru. Ketika awalnya ditanam, ujung pertumbuhan akan sering berhenti tumbuh dan tanaman akan tetap kerdil. Daun akan sering keriting dan putih yang merupakan tanda dari serapan hara miskin nutrisi mikro, (terutama kalsium).
Jika tanaman menunjukkan tanda-tanda
berhasil tumbuh dalam akuarium, ingat untuk tidak segera memangkasnya. Rotala macrandra harus dibiarkan tumbuh besar dan tinggi supaya tidak terhalangi persaingan cahaya dengan tanaman lainnya.
Pangkaslah  pucuk yang sehat dan tanam kembali pucuk tersebut ke dalam substrat. Batang bagian bawah dapat dibiarkan tumbuh untuk mengembangkan tunas kesamping. Seiring waktu, Rotala macrandra menunjukkan tanda-tanda vitalitas yang subur dalam akuarium tanaman ini dapat dipangkas sebagaimana tanaman lainnya tanpa perhatian khusus. Semakin sering dilakukan pemangkasan, semakin cepat tanaman ini membentuk tunas-tunas yang baru ke samping
Rotala macrandra
sangat eye catching di tempatkan di daerah midground tempat yang dapat terkena cahaya akuarium penuh. Setidaknya R. macrandra harus ditanam dalam 3-5 batang yang tersebar merata terpisah (untuk menghindari shading).

Profil tanaman
Nama ilmiah: Rotala macrandra
Nama
umum : Red macrandra, Rotala sp. red
Kesulitan:
moderate - tinggi
Persyaratan CO2:
 tinggi
Persyaratan
pencahayaan : sangat tinggi
Penempatan tanaman : midground
Pertumbuhan
: Sedang
Keluarga: Lythraceae
Genus: Rotala
Negara Asal
: Asia
Tanaman Jenis: Stem
Kesadahan air : Soft  (GH = 4-8 dH)

1 komentar:

  1. Kalau daunnya keriting kerdil umur 10 hari wajar jadinya gan?

    BalasHapus