Hairgrass : Oleocharis parvula



Dwarf Hairgrass (Oleocharis parvula) adalah tanaman air serupa rumput di darat. Sehingga dipakai untuk menutup substrat aquarium. Penampilannya  menarik dengan warna daun hijau terang, tegak seperti  rumput.


Hairgrass tumbuh pendek , maksimal bisa mencapai  tinggi 10 cm, spesies ini menggunakan akar rambat (runner) untuk menyebar membuat percabangan akar dan menutupi substrat menyerupai karpet hijau. Disebut hairgrass, karena daunnya tipis sangat ramping setipis rambut. Hairgrass sesungguhnya tempat pemijahan yang sangat baik untuk ikan. 
Penempatan tanaman ini biasanya sebagai foreground, namun sangat fleksibel tergantung tema aquascape juga selera. Sangat indah bila dipadupadankan dengan bebatuan, dan dikombinasikan dengan tanaman foreground lainnya seperti :  Glossostigma sp, Sagittaria subulata, Hemianthus callitrichoides, Riccia fluitans, ataupun Echinodorus tenellus. Hairgrass adalah spesies amfibi, sehingga dapat berkembang baik dalam kondisi terendam sebagian atau terendam seluruhnya.
Nama ilmiah: Eleocharis parvula
Nama umum: hairgrass
Tingkat kesulitan: mudah
Tuntutan CO2 : moderat
Tuntutan pencahayaan: sedang-tinggi
Pengaturan tanaman: foreground
Kecepatan tumbuh: lambat -moderat
Family: Cyperaceae
Genus: Eleocharis
Origin: Worldwide
Tipe perkembangbiakan: Rhizoma
Water Hardness: Medium (GH = 9-13 dH)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar