Proserpinaca palustris : si daun gergaji


Proserpinaca palustris 'Kuba' adalah tanaman menakjubkan yang telah mendapatkan popularitas sejak diperkenalkan oleh Aquatic Nursery, Tropica di akhir 1990-an. Karakteristik Pertumbuhan
Proserpinaca palustris 'Kuba' dikenal karena daunnya yang bergerigi unik dan kecenderungan untuk tumbuh berwarna merah bila mendapatkan cahaya intensitas tinggi. Tingkat nitrat yang rendah dan cahaya tinggi menghasilkan lebih warna merah pada daun. Sedang tingkat nitrat yang lebih tinggi akan mengeluarkan pewarnaan daun hijau muda.
Proserpinaca palustris merah - hijau  sumber foto : www. Rybicky.net
Saat mencapai permukaan, yang paling dekat dengan cahaya, daun akan berubah dari kuning-hijau, mengarah ke warna merah menyilaukan. Tanaman ini dapat mencapai ketinggian 4-16 inci (10-40 cm). Propagasi dengan memotong batang menjadi dua, dan penanaman kembali bagian atas batang.
Proserpinaca palustris 'Kuba' bisa menjadi tanaman mendominasi keunikan tersendiri karena warna yang cerah, ukuran pertumbuhan, dan karakteristik daun. Tanaman ini dapat ditempatkan di midground atau daerah latar depan dari akuarium dalam kelompok 3-5 batang, berilah ruang untuk mendapatkan pencahayaan yang terbuka tanpa dinaungi tanaman lain.

Profil Tanaman
Nama ilmiah: Proserpinaca palustris 'Kuba'
Nama umum: Mermaid weed
Kesulitan: Mudah
Persyaratan CO2: Moderat
Persyaratan pencahayaan: Sedang
Tata ketak tanaman : Midground
Pertumbuhan: Sedang
Keluarga: Haloragaceae
Genus: Proserpinaca
Negara Asal: Amerika Utara
Tanaman Jenis: Stem
Kekerasan air: Medium (GH = 9-13 dH)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar