Hygrophila corymbosa : giant hygrophila



Hygrophila corymbosa adalah tanaman air tipe stem, tingkat perawatan tergolong mudah. Mentolerir berbagai tingkat kesadahan air. Dapat hidup dalam cahaya rendah. pH 6.0-8.0 GH 20deg/350 ppm. Negara asal tersebar luas di seluruh Asia Tenggara dari India ke Indonesia. Habitat alami di rawa-rawa.


Daun tanaman ini berbentuk lanceolate lebar berwarna hijau terang, namun bila diberi cahaya kuat warna daun agak samar kemerahan dengan pertulangan daun terlihat lebih jelas. Daun hygrophila tipis dan lemas, namun bila terendam seluruhnya dalam air daun ini terlihat tegak mengarah ke atas. Tanaman ini telah beradaptasi sepenuhnya di dalam air, tanaman ini akan cepat mengalami dehidrasi (kekeringan) bila dikeluarkan dari air. Daun tanaman ini semakin ke atas semakin lebar dan menutupi daun di bawahnya yang berukuran lebih kecil, daun yang lebih rendah akan kehilangan cahaya, dan biasanya akan busuk dengan sendirinya.
Perbanyakan dilakukan dengan memotong tunas samping (setelah mereka sekitar 4 inci panjang dan memiliki beberapa ruas yang telah berakar dan daun yang muncul). Tanaman ini tergolong cepat tinggi, dan baik untuk ditanam oleh pemula aquascape karena tergolong mudah ditumbuhkan.
Hygrophila corymbosa membutuhkan nutrisi yang baik, sehingga pupuk cair dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tanaman. Daun yang menguning dan kemudian semakin memutih merupakan tanda bahwa nutrisi kurang memadai (terutama nutrisi mikro seperti besi Fe). Ada banyak varietas hygrophila daun pisau ini seperti H.siamensis, H. longifolius, H. Angustifolia, H. corymbosa stricta dll.
Spesies ini pertama kali dijelaskan oleh Carl Ludwig von Blume pada tahun 1826 dengan nama Nomaphila corymbosa. Pada tahun 1895, Gustav Lindau menetapkan bahwa tanaman sebenarnya dalam genus Hygrophila. Nama genus Hygrophila berasal dari hygros Yunani [lembab] dan philein [mencintai] dan berarti mencintai kelembaban; semua spesies dalam genus ini suka kondisi lembab dan alami tumbuh di rawa-rawa di sepanjang sungai.
Dalam aquascape, tanaman ini bisa menjadi midground namun harus rajin dipangkas supaya tajuk daunnya yang lebar tidak menutupi pencahayaan untuk tanaman lainnya. Dapat juga diletakkan pada area background, warna hijaunya yang terang tetap menjadikan tanaman ini terlihat eye catching meski ditempatkan di sudut belakang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar