Ludwigia verticillata var cuba



Ludwigia verticillata var cuba, seperti halnya genus Ludwigia lainnya. Ludwigia cuba inipun memiliki potensi  perbedaan pada tone warna daun bila diberi perlakuan intensitas warna yang berbeda. Semakin tinggi intensitas pencahayaan semakin besar kemungkinan munculnya tone warna merah.


Namun tidak seperti Ludwigia arcuata, tanaman L. Cuba ini membutuhkan cahaya yang lebih kuat lagi untuk mendapatkan warna tembaga merah. Kebutuhan  CO2  juga menuntut lebih tinggi juga suplai nutrisi pupuk yang seimbang. Bila hal tersebut kurang terpenuhi, maka tanaman ini hanya tumbuh dengan warna hijau tua, pada bagian puncak batang berwarna hijau muda cenderung pucat keputih. Daun lancet sempit, pada bagian pangkal batang, daun lebih panjang mengarah ke puncak batang daun semakin pendek.
Dalam kondisi pencahayaan kurang, CO2 terbatas, tanaman ini masih dapat tumbuh dengan kecepatan lambat. Tanaman ini tergolong bandel  itu sebabnya  kita tetap punya kesempatan  menanam tanaman ini sebagai tanaman aquascape low-tech. Kita dapat menjaga ketahanan tumbuhnya dengan memberikan pupuk cair mikro. Kekurangan besi akan menyebabkan daun baru bagian atas pucat-putih.
Pada kondisi persyaratan pertumbuhan mendukung, tanaman ini tergolong cepat tumbuh dan tinggi, oleh karenanya perlu pemangkasan. Ketika dipangkas bagian atasnya, bagian bawah  yang berakar sering berubah menjadi hitam dan membusuk. Untuk itu sebaiknya bagian atas yang dipangkas justeru yang ditanam ke substratnya.
Profil tanaman :
Nama ilmiah : Ludwigia verticillata var.cuba
Kategori : Stem plants
Temperatur : 18-28 C
pH : 5 – 7
Pencahayaan : tinggi
Kecepatan tumbuh : lambat – moderat
Tingkat kesulitan : medium
Origin : Cuba 
Tata letak : midground
  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar