Echinodorus tenellus



Echinodorus tenellus merupakan tanaman karpet foreground yang ideal. Semula dipopulerkan oleh aquascaper Jepang, Takashi Amano. Echinodorus tenellus secara habitat tumbuh di rawa-rawa  wilayah utara Amerika Selatan dan ke Amerika Utara. Hal ini telah menjadi favorit aquascaper  tidak hanya karena mudah untuk menumbuhkan, tetapi juga karena kecenderungan untuk tumbuh kian merah di bawah intensitas tinggi cahaya.

Echinodorus tenellus sering disebut sebagai Pygmy Chain Sword (rantai pedang kerdil ; mungkin karena bentuknya memang mirip pedang, kenapa disebut rantai ? barangkali karena diambil dari akarnya yang menjalar).
Karakteristik Pertumbuhan
Echinodorus tenellus
memiliki daun hijau terang dengan panjang bisa mencapai 5-10 cm dengan bentuk mirip pedang samurai. Tanaman ini membutuhkan cahaya sedang dan tumbuh baik dengan cahaya maksimal. Dalam kondisi pencahayaan ini, dan tambahan injeksi karbon dioksida, Echinodorus tenellus cepat menyebar melalui akar menjalar di lantai akuarium. Pertumbuhan ini biasanya kompak, dengan tingkat pertumbuhan yang moderat. Dalam kondisi cahaya tinggi, ujung daun akan menunjukkan warna merah. Mikronutrien dan substrat yang sehat akan memungkinkan tanaman untuk tumbuh dengan mudah. Iron meningkatkan karakteristik munculnya  warna merah. Propagasi adalah melalui pemisahan rantai pelari.
Potensi aquascaping
Echinodorus tenellus harus ditanam dalam kelompok kecil dari planlet, tersebar merata
 per 2 inch secara  terpisah, di latar depan akuarium ataupun pengisi  lantai aquarium. Dengan tingkat pertumbuhan yang moderat, Echinodorus tenellus akan memenuhi lantai akuarium  dalam waktu lumayan singkat.
Tanaman ini sering dipasangkan
atau dikombinasikan dengan spesies foreground lainnya seperti Riccia fluitans, Glossostigma elatinoides, Hemianthus callitrichoides, dan Oleocharis parvula untuk menimbulkan efek blending yang liar namun harmoni.
Profil tanaman : 

Scientific Name: Echinodorus tenellus
Common Name: Pygmy Chain Sword
Difficulty: Easy
CO2 Requirements: Moderate
Lighting Requirements: Medium
Plant Arrangement: Foreground
Growth Rate: Moderate
Family: Alismataceae
Genus: Echinodorus
Origin: North and South America
Plant Type: Rosette
Water Hardness: Medium (GH = 9-13 dH)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar