Tentang Blog Ini

SELAMAT DATANG DI AQUASCAPEDECOR

Aquascapedecor hadir sebagai blog untuk saling berbagi informasi mengenai hobby dan segala hal yang berhubungan dengan aquarium air tawar, terutama tentang seni aquascape yang menjadi populer dan berkembang dengan cepat. Dalam blog yang kami beri nama Aquaplantarium (diambil dari aqua yang berarti air; plant yang berarti tumbuhan; arium(latin) yang berarti tempat untuk), ini kami mencoba menghadirkan informasi sedetail dan secermat mungkin seputar tanaman air, sebagai komponen utama dalam aquascape.

Indonesia adalah negara tropis yang kami yakin memiliki megabiodiversity terlengkap dibanding bagian belahan dunia manapun termasuk dalam ekosistem perairan dimana tanaman air tawar tumbuh. Namun sayangnya informasi dan inventarisasi terutama mengenai tanaman air ini masih sangat jarang kita temukan. Padahal bermula dari sinilah kita dapat melakukan tindakan tindakan yang tepat untuk dapat melakukan konservasi, preservasi, dan pembudidayaan tanaman air yang tentunya akan dapat memberikan impak ekonomi bagi masyarakat.

Tanaman air (submerged aquatic plant), tidak seperti tanaman darat (terrestrial) yang membutuhkan tempat tumbuh yang cukup luas dipermukaan tanah. Tanaman air dapat dibudidayakan pada lahan yang sempit, syarat tumbuhnya hanya air, substrat untuk penjangkaran akar tanaman, dan tentunya sinar matahari untuk fotosintesis. Bahkan budidaya tanaman air ini dapat dikombinasikan dengan budidaya ikan air tawar, dimana kotoran feses dari ikan dan juga carbon terlarut hasil dari respirasi ikan dapat menjadi nutrisi dan supply carbon yang bermanfaat untuk pertumbuhan tanaman air. Manfaat sebaliknya untuk ikan yaitu mendapatkan supply oksigen yang sangat cukup dari keluaran fotosintesis tanaman. Sehingga dengan modal yang tidak terlalu besar, masyarakat dapat mempunyai harapan akan nilai ekonomi yang cukup menggiurkan, untuk diketahui harga tanaman air perpot atau per bunch kecil berkisar antara Rp. 20.000 s/d Rp. 100.000 rupiah.

Aquascape sebagai hobby semakin berkembang, didukung dengan adanya teknologi terkini (pupuk, lampu, filter, substrat dll) sehingga memungkinkan tanaman dapat tumbuh subur dalam aquarium. Secara natural mata manusia telah beradaptasi dengan tingkat kenyamanan psikologis pada rentang spectrum cahaya tampak hijau kuning. Itulah sebabnya kita merasa nyaman dan serasa damai bahkan sejuk bila melihat pemandangan hijau tampak menghampar. Tanaman air dalam aquascape merefleksikan/ memantulkan warna hijau ini ke mata kita dengan sempurna apalagi dibantu sistem pencahayaan aquarium yang tepat.

Sebagai hobby, mempunyai dan memelihara ekosistem landskap tanaman dalam aquarium adalah hal yang mengasyikkan. Kita tidak membutuhkan aquarium cukup besar untuk memilikinya. Bahkan akuarium kecil dapat dijadikan aquascape yang menarik dengan penataan tanaman air maupun hardscape yang tepat dan estetis. Sehingga aquascape dapat kita hadirkan sebagai hiasan atau interior dekorasi hidup yang indah yang dapat diletakkan di atas meja kantor sekalipun.

Aquascapedecor Nano aquascape acrylic cylinder diameter 20 cm
 Semoga blog ini bermanfaat;
Salam ekologi



Aquaplantarium
(Keterangan foto header Aquaplantarium : The World Before Columbus
Pasquale Buonpane (Aquascaper Italy)
Dimensions: 160x52x60 cm Volume: 500 liters Light: 4x58w T8(6.500°K)
Substrate: Akadama and Sand C02: Pressurized C02
Plant List : Hemianthus callitrichoides,Vesicularia ferrieri,Fissidens fontanus
Fauna :Paracheirodon innesi,Otocinclus sp.,Crossocheilus siamensis,Caridina japonica,Neocaridina "Red Cherry") 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar