Phoenix Moss : Fissidens fontanus



Fissidens fontanus                            sumber foto : rybicky.net

Moss yang sangat attractive, tidak seperti moss lainnya (Taxiphyllum sp.) dengan penampilan yang hampir sama sehingga namanya mudah tertukar. Fisidens fontanus tampil dengan percabangan yang pendek liliput, rimbun dan sangat rapat, daun yang merunduk dengan puncak daun seperti bercahaya terkena lampu.


Ukuran percabangan relative seragam pendek  sehingga terlihat lebih rapih teratur tidak menimbulkan kesan liar dan acak-acakan (mungkin itu punya nama umum flat fork moss). Penampilan demikian membawa fantasi kita pada perkebunan perkebunan teh di daerah  Puncak Bogor Jawa Barat. Ataupun seperti gundukan gundukan lumut pada padang tundra antartika.
Kehadiran Fisidens fontanus akan memperlunak kesan hardscape. Seperti  moss lainnya Fisidens fontanus dapat ditempelkan pada beragam material hardscape, bebatuan maupun driftwood. Fisidens fontanus tumbuh lambat, cocok untuk dibuat seperti rerimbunan daun pada pokok pokok percabangan driftwood. Daun daunnya merunduk dengan warna tampilan hijau tua dan pada puncak puncak daun yang merunduk berwarna sedikit lebih muda seperti bercahaya ketika tertimpa sinar lampu aquarium.
Habitat  alami moss ini menempel pada bebatuan, batang batang kayu, yang tergenang di air berarus dengan kedalaman berluktuasi  pada aliran sepanjang  sungai, keberadaan spesies ini terbesar dan berasal dari amerika utara

Nama umum:  Flat fork moss, Phoenix moss
Nama taksonomi:   Fissidens fontanus (Bach. Pyl.) Steud.
Division:  Bryophyta
Class:  Bryopsida
Order:  Fissidentalaes
Family:  Fissidentaceae

Tingkat kesulitan : sulit kecepatan tumbuh sangat lambat
Kebutuhan cahaya : moderat sampai tinggi
Temperature : fleksibel  20-30 C
pH : 6-8
CO2 : sangat dianjurkan
Sirkulasi air : toleran, namun baik dengan efek arus lambat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar