Pilihan Jenis Lampu Untuk Aquascape




Secara alamiah matahari adalah satu-satunya sumber pencahayaan untuk tanaman air tawar, dan untuk meniru itu kita membutuhkan cahaya lampu yang mencukupi sehingga tanaman dapat tumbuh dengan optimal dan kesehatan ikan terjaga. Hal ini penting  terutama bagi spesies tanaman dengan persyaratan cahaya tinggi untuk berlangsungnya proses fotosintesis.


Kebutuhan pencahayaan lampu untuk aquarium yang berisi tanaman air dapat diperhitungkan secara umum berdasarkan lampu yang umum dipakai yaitu jenis lampu neon atau lampu TL (fluorescent lamp). Kebutuhan lampu dapat diperhitungkan sekitar 2-3 watt lampu per galon air akuarium. Aquarium yang dalam  >60 cm membutuhkan lebih pencahayaan sekitar  5 watt per gallon untuk menjangkau area dasar yang lebih dalam sementara tangki dangkal mungkin membutuhkan lebih sedikit watt. (konversi 1 galon sekitar 3,78 Liter atau 4-5 gayung air hehe).

Tulisan ini hanya mengenalkan jenis lampu yang umumnya beredar dipasaran, untuk selanjutnya aquascaper wajib membaca tulisan lain, apa sesungguhnya yang dibutuhkan oleh tanaman akan cahaya untuk dapat melakukan fotosyntesis dan tumbuh dengan optimal ?. Tanpa membaca tulisan spektrum cahaya untuk fotosintesis tanaman air, posting ini sama sekali tidak bermanfaat, hehe.
Ada beberapa jenis lampu yang bisa digunakan untuk aquarium antara lain :

Metal Halide Iwagumi Aquascape
Metal Halide (MH) lampu halida logam adalah lampu lucutan gas intensitas tinggi (HID), ini merupakan pengembangan dari lampu pijar. Lampu ini memberikan intensitas cahaya tinggi dengan ukuran bola lampu yang relatif kecil, membuatnya menjadi sumber cahaya yang kompak dan hemat ruang. Seperti lampu HID lainnya, lampu halida beroperasi pada suhu (biasanya sangat panas mencapai 1000 deg celcius) dan tekanan tinggi, sehingga memerlukan instalasi/ rumah lampu khusus untuk keamanan. Sumber cahaya lampu ini  berpusat pada satu titik dan menyebar kesemua arah, untuk itu biasanya dilengkapi dengan cermin pemantul  untuk mengumpulkan cahaya yang dihasilkan. Sekitar  24 % dari energy yang digunakan lampu halide logam ini yang diubah menjadi cahaya (65-115 lumen/watt), selebihnya radiasi panas. Ukuran umum lampu metal halide 70 watt (5500 lumen), 150 watt (12.000 lumen), serta 250 watt (20.000 lumen). Karena suhu lampu ini sangat  panas , lampu ini cocok digunakan untuk ukuran aquarium yang dalam karena dapat menjangkau lebih dalam dan memberikan tanaman spektrum cahaya yang diperlukan untuk tumbuh. Karena  panasnya itu pula maka penggunaan lampu ini biasanya digantung di atas aquarium sehingga dapat memberikan ruang yang cukup untuk sirkulasi pendinginan udara dekat permukaan air, biasanya juga ditambahkan cooling fan untuk meredam radiasi panasnya. Keuntungan penggunaan lampu MH ini, sangat terang dan berguna untuk aquarium yang dalam, memberikan efek berkilau sehingga menimbulkan kesan lebih alami pada aquascape. Kekurangan penggunaan lampu MH ini, sangat panas menyebabkan suhu aquarium meningkat bila digantung terlalu dekat, kurang efisien dalam pemakaian energy dibanding lampu jenis lainnya.
Lampu TL Hemat Energi
Lampu pendar / Lampu TL adalah salah satu jenis lampu lucutan gas yang menggunakan daya listrik untuk mengeksitasi uap raksa. Uap raksa yang tereksitasi itu menghasilkan gelombang cahaya ultraungu yang pada gilirannya menyebabkan lapisan fosfor berpendar dan menghasilkan cahaya kasatmata. Lampu pendar atau disebut juga dengan fluorescent lamp ini mampu menghasilkan cahaya secara lebih efisien daripada lampu pijar biasa maupun lampu jenis metal halide.
Lampu pendar dikenal dalam dua bentuk utama. Yang pertama berbentuk tabung panjang atau yang umum dikenal dengan lampu TL (Tubular Lamp) atau lampu neon dan yang kedua berukuran lebih kecil dengan tabung ditekuk menyerupai spiral, umum disebut dengan sebutan lampu hemat energi (LHE).
Lampu TL Fluorescent Lamp Tubular Panjang

Jenis lampu TL tabung memanjang ini yang paling banyak digunakan untuk aquascape. Dengan model tabung memanjang bisa memberikan keuntungan pemberian cahaya yang merata keseluruh sudut aquarium. Namun lampu ini mempunyai ukuran yang cukup besar sehingga banyak memakan ruang atas aquarium jika digunakan di aquarium dengan kebutuhan pencahayaan high light. Ukuran umum lampu T8 = 18 watt (60cm, 1300 lumen), 36 watt (120cm, 3250 lumen).

Lampu PL
Jenis lampu PL atau Power Light ini dengan ukuran lebih kecil ternyata mempunyai lumens yang lebih tinggi dibandingkan lampu T8 sehingga kita bisa memasang lebih banyak lampu di ruang atas aquarium yang terbatas, sehingga cocok untuk aquascape high light. Ukuran umum lampu PL = 18 watt (21cm, 1200 lumen), 24 watt (31cm, 1800 lumen), 36 watt (41cm, 2900 lumen)




Lampu LED
Lampu LED Aquascape
LED (Light Emiting Diode : diode pemancar cahaya) adalah diode yang dirangkai menjadi lampu. Pencahayaan aquarium dengan menggunakan lampu LED memiliki banyak keuntungan dibandingkan jenis lainnya, sebab itu sumber cahaya yang hemat energy ini mendapatkan popularitas yang meroket di dunia hobi aquascape. LED dapat menghemat energi secara dramatis, juga memberikan efek kilau yang menakjubkan, LED juga lampu yang tahan lama dalam hal pemakaian.


Glossary :
Lumen : Efikasi lampu atau dengan kata lain disebut dengan efikasi luminus adalah nilai yang menunjukkan besar efisiensi pengalihan energi listrik ke cahaya dan dinyatakan dalam satuan lumen per Watt.
Sebagai contoh pada lampu pijar (incandescent lamp) kurang lebih 90% daya yang digunakan oleh lampu pijar dilepaskan sebagai radiasi panas dan hanya 10% yang dipancarkan dalam radiasi cahaya kasat mata. Pada tegangan 120 volt, nilai keluaran cahaya lampu pijar 100W biasanya adalah 1.750 lumen, maka efisiensinya adalah 17,5 lumen per Watt. Sementara itu pada tegangan 230 volt seperti yang digunakan di Indonesia, nilai keluaran bolam 100W adalah 1.380 lumen atau setara dengan 13,8 lumen per Watt. Nilai ini sangatlah rendah bila dibandingkan dengan nilai keluaran sumber cahaya putih "ideal" yaitu 242,5 lumen per Watt, atau 683 lumen per Watt untuk cahaya pada panjang gelombang hijau-kuning di mana mata manusia sangatlah peka. Efisiensi yang sangat rendah ini disebabkan karena pada temperatur kerja, filamen wolfram meradiasikan sejumlah besar radiasi inframerah tak kasat mata.

Berikut adalah tabel perbandingan efisiensi energy (dalam watt) dengan lumen (cahaya putih tampak) Electrical power equivalents for differing lamps


Minimum light output (lumens)
Electrical power consumption (watts)

Incandescent
Compact fluorescent
LED

200
25
3-5
 ?–?

450
40
9–11
6–8

800
60
13–15
9–12

1,100
75
18–20
13–16

1,600
100
24–28
18–22

2,400
150
30–52
30

3,100
200
49–75
32

4,000
300
75–100
40.5


sumber tabel data : wikipedia

19 komentar:

  1. Halo pak, penjelasannya bagus. Tapi saya agak sedikit pusing (maklum saya masih baru). Kalau untuk akuarium 70x30x35. Ukuran lampu yg pas yg seperti apa ya? Saya sudah memakai lampu jebo ukuran 10watt tp tanaman saya lama berkembang. Trims

    BalasHapus
  2. Saya memakai tank ukuran 60x30x30.
    Dengan LED merk Luckiness 4 watt.
    Apakah bagus.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk aquascape kueang bro ... minim 16 lwatt-

      Hapus
  3. saya ingin mengetahui saiz akuarium 5x5x5inci..
    memerlukan jenis LED apakah yang sesuai ?
    berapa watt yg di perlukan?

    BalasHapus
  4. Saya punya tank ukuran 60*30*30 trus saya pake ampu LED rakitan apa kurang Bagus n trus tanaman, rumput saya menguning g mana tuch master?

    BalasHapus
  5. Selain itu ada beberapa hal lain kenapa aquascape dapat memberikan manfaat untuk kehidupan kita, saya sarankan anda untuk membacanya:

    PENTING!! 7 Manfaat Membuat Aquascape Yang Belum Anda Ketahui

    BalasHapus
  6. untuk tank 80×40×40 makai lampu panasonic 11 watt 3&mau di tambah lampu philip bagus apa gak?
    untuk tank s ukuran sgitu perlu lampu brp/watt

    BalasHapus
  7. saya merankai sendiri pake lampu LED yang meteran bagaimana bos?

    BalasHapus
  8. Pakai rumus gan, untuk tanaman jenis lowlight(jenis tanaman yg bsa hidup dengan mnim cahaya) pxlxt/y(satuan energi lampu) = 80x40x40=128000:5000=25, pke lampu 25watt gan, klo untuk tanaman yg hidup dngan cahaya tinggi maka y=2500

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gan boleh minta link jurnal rumusnya darimana gitu gan untuk aquascape ?

      Hapus
  9. Saya punyak tank ukuran 30x20x25 led 9watt gimana boleh gak

    BalasHapus
  10. Saya pakai tank ukuran 25x25x30 pakai lampu 10 watt kurang apa gak gan?

    BalasHapus
  11. Halo... Tank saya ukuran 35x25x25, saya menggunakan Hard Strip LED 18watt dengan 3000 Lumem. Apakah cocok untuk tanaman Montecarlo. Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mikir aja dulu mau pakai tanaman apa, lampu belakangan.
      Soalnya lampu tergantung sama tanaman yang ada diaquarium.

      Hapus
  12. Haloo bos, tank saya ukuran 60x30x30 lampu yamano 9wat kira" cocok buat tanaman low light sejenis buche?thank 🙏

    BalasHapus
  13. Mikir aja dulu mau pakai tanaman apa, lampu belakangan.
    Soalnya lampu tergantung sama tanaman yang ada diaquarium.

    BalasHapus
  14. Pahami dulu spek lampu kalian...kalo udah paham baru cari tanaman yg sesuai dengan spek lampu yg agan2 punya.

    BalasHapus