Ludwigia arcuata : dari hijau, kuning, tembaga hingga merah



 
 
Ludwigia arcuata adalah tanaman air unik, dan bagi aquascaper tanaman air jenis ini menjadi salah satu pilihan favorit yang serbaguna dalam desain akuarium … sangat eye catching, karena memiliki respon warna batang dan daun  terhadap intensitas pencahayaan yang berbeda.


Pada tingkat pencahayaan yang tinggi 3 sampai 5 watt per galon spektrum penuh (5000-7000K),  dengan nutrisi yang ideal, tanaman ini mempunyai potensi warna merah. Dalam pencahayaan rendah akan tetap hijau, beralih ke kuning, kemudian oranye, kemudian semakin merah apabila intensitas pencahayaan meningkat.
Bila kita menanam L. arcuata ini tentunya bagian pucuk akan menerima intensitas cahaya yang lebih tinggi karena dekat dengan lampu aquarium, bagian ini biasanya akan berwarna merah sampai orange, semakin ke bawah mendekati pangkal tanaman ini berwarna hijau. Seperti banyak tanaman batang berpigmen, tingkat nutrisi juga mempengaruhi warna. Tanaman ini tergolong cepat tumbuh, dan pemangkasan akan mendorong pertumbuhan ke samping yang lambat laun menjadikannya lebih lebat dan padat. Pemangkasan puncak dari batang akan menghasilkan dua tunas baru yang muncul dari ruas.
Ludwigia arcuata memiliki daun sempit lancet lembut bentuk jarum tapi cukup tebal tidak seperti Ceratophyllum demersum yang tipis dan kaku. Tanaman ini termasuk amphibi dapat tumbuh baik dalam keadaan sebagian ataupun terendam seluruhnya.
Untuk menyebarkan Ludwigia arcuata, hanya dengan memotong cabang atau bagian atas tanaman, dan menanam batang ke dalam substrat. Pastikan untuk memangkas daun dari simpul terakhir pada bagian bawah batang untuk memastikan pertumbuhan akar yang cepat.
Ludwigia arcuata adalah tanaman aquascaping andalan yang sangat serbaguna dalam sebuah layout. Dapat ditempatkan sebagai midground dengan rutin pemangkasan, dikelompokkan dalam cluster batang padat 5-7 batang untuk desain serupa semak-semak dengan potensi warna yang cukup komplit hijau, orange sampai merah. Karena potensinya yang dapat mencapai ukuran tinggi tanaman ini juga cocok untuk ditempatkan sebagai background.
Tanaman ini, struktur batang dan daunnya secara sepintas mirip Didiplis diandra dan juga Ludwigia brevipes, ataupun Ludwigia pantanal, karenanya sedikit membingungkan.
Profil tanaman
Nama ilmiah : Ludwigia arcuata
Nama umum : Needle-Leaf Ludwigia
Tingkat kesulitan : moderate
Kebutuhan CO2 : moderate - tinggi
Kebutuhan pencahayaan : tinggi
Tata letak : midground - background
Kecepatan tumbuh : moderate - cepat
Family: Onagraceae
Genus: Ludwigia
Origin: Amerika Utara
Plant Type: Stem
Water Hardness: Lunak (GH = 4-8 dH)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar