Ceratophyllum demersum : si buntut racoon



Ceratophyllum demersum atau nama lain hornwort juga dikenal sebagai Coontail ; karena memang bentuknya menyerupai ekor raccoon.


Apabila dilihat sepintas saja struktur tanaman ini mirip Cabomba caroliniana. Tanaman air ini dapat ditemukan dimana saja, mudah berkembang dan tumbuh pesat . Secara alami hidup mengapung di rawa-rawa, sungai dan danau dan dapat bersifat invasive. Ceratophyllum demersum tanaman akuarium yang mudah ditemukan dihampir setiap toko yang menjual ikan.

Karena sifatnya yang cepat tumbuh, banyak orang menggunakan tanaman ini untuk menyerap nitrat dalam tangki pembibitan, atau menyediakan tempat persembunyian yang aman bagi  baby fish. Tanaman ini tidak memiliki akar seperti tanaman aquascape pada umumnya. Di alam bebas C. demersum tumbuh mengapung di air yang mengalir/ bergerak lambat. Ketika mengapung di atas tangki pembibitan ikan, ia menyediakan perlindungan yang sempurna untuk baby fish dari  dari ikan dewasa yang lapar. Bentuk daunnya yang menyerupai jarum runcing tidak disukai bagi ikan livebearer dewasa. Bahkan tanaman ini dapat bertahan dari ikan mas koki.

Kita tidak perlu bersusah payah dalam menumbuhkan tanaman ini, karena pada dasarnya C. demersum tidak banyak menuntut dalam hal pencahayaan maupun CO2. Tanaman ini cocok untuk pemula, mudah dan cepat tumbuh. Tanaman ini juga sangat ampuh untuk  memperbaiki dan menyeimbangkan kualitas air, tanaman ini dapat segera menetralisir  apabila ada lonjakan amonia di akuarium.

Karena tidak memiliki akar C. demersum tidak perlu ditancapkan ke dalam substrat, bahkan bila anda menancapkan ke dalam substrat, bagian pangkal batang yang di dalam substrat akan membusuk, kemudian daun daun runcing di bagian pangkal batang akan menjadi  gundul.  Untuk itu cara penanaman C. demersum  cukup diikatkan ke media berupa batu atau kayu secara bergerombol  dalam beberapa batang. Secara alami nantinya akan tumbuh tunas ke samping dari batang utama. Dan pertumbuhan segera menyebar, baik kesamping maupun terus ke atas. Untuk itu perlu dipangkas secara rutin sehingga tidak memenuhi aquascape. Karena pertumbuhan yang tinggi dan cepat C. demersum ini dapat diletakkan sebagai background aquascape.

Bunga C.demersum kecil dan letaknya tersembunyi di ruas batang


Synonyms : Hornwort / Rigid Hornwort / Coontail / Coon's Tail                    
Genus : Ceratophyllum
Family : Ceratophyllaceae
Origin : Global except Antarctica
Plant Type  : Floating Stem
Propagation :
Lighting : Low
PH : 6.0 - 9.0
Temperature : 1c - 28c
Growth Rate : Fast
Difficulty : Easy
Can Be Grown Emersed : No

1 komentar: