Mengenal Tanaman Air



Tanaman air adalah tanaman yang beradaptasi dengan lingkungan berair (aquatic environtment), kadang disebut juga sebagai hydrophite. Dan apa yang kita lihat pada aquascape umumnya adalah tanaman air yang keseluruhannya baik akar, batang dan daun terendam di bawah permukaan air atau disebut submerged aquatic plant. Sesungguhnya tanaman air banyak macamnya dan digolongkan berdasarkan manajemen peruntukan yaitu :
1. Algae 2. Floating Plants 3. Submerged Plants 4. Emergent Plant                    
                    
1. Algae
Adalah tanaman paling primitive, beberapa jenis algae berukuran mikroskopis (plankton), beberapa seperti rambut tipis halus dan panjang (filamentous algae), beberapa cukup besar namun tidak memilki akar sesungguhnya. (chara).
Algae ini sering menjadi momok bagi pencinta aquascape atau pemilik kolam (pond), karena menyebabkan air aquarium ataupun kolam keruh berwarna kehijauan.
2. Floating Plants
Adalah tanaman yang daunnya menyembul di permukaan air dengan akar yang menggantung di air. Contohnya yang paling kita kenal adalah Apu-apu (seperti foto di samping kiri) dan eceng gondok
3. Submerged Plants
Adalah tanaman yang keseluruhannya baik daun, batang dan akar terendam di bawah permukaan air, di mana akar menjangkau substratnya di dasar air.
4. Emergent Plants
Adalah tanaman yang daunnya berada di permukaan atau menyembul di atas permukaan air, sementara batangnya tinggi dan akarnya menghujam ke substrat di dasar air.

Pemanfaatan tanaman air selain submerge plant, lebih banyak pada bidang minat aquascape lainnya yang dikenal dengan nama Paludarium. Di dalam Paludarium kita menggabungkan ekosistem yang lebih kompleks lagi sebagai suatu ekosistem mini menggabungkan ekosistem di dalam air, permukaan air dan di darat, mirip dengan ekosistem atau habitat sesungguhnya. Misal meniru habitat buaya di rawa-rawa, meniru habitat ular yang hidup di perairan, meniru habitat hutan mangrove dan lain lain. Paludarium lebih populer didunia pendidikan untuk mengenalkan habitat flora dan fauna daerah rawa rawa yang biasanya terdiri dari jenis ikan, amphibi/ reptil, serangga dan unggas. Paludarium berasal dari  bahasa latin, Palus yang artinya rawa dan Arium  yang artinya di dalam container / wadah. Paludarium mungkin akan lebih populer bila diperkenalkan sebagai suatu seni yang kreatif. 


Paludarium

1 komentar:

  1. Tks infonya gan,sy baru tau selain aquascape tenyata ada juga paludarium,keduanya sama sama indah ya,maklum newbie

    BalasHapus