Apa itu aquascape

Aquascaping gaya natural  sumber foto : www.aquascapinglove.com


Aquascaping adalah suatu seni yang kita pahami dari landscape ekosistem di alam kemudian dipindahkan dalam bentuk sebuah miniatur ekosistem buatan dalam wadah aquarium. Karena merupakan seni, maka dibutuhkan keterampilan yang menonjolkan fokus keindahan dengan cara pengaturan tata letak vegetasi tumbuhan air,  dan juga unsur unsur hardscape yang dapat kita jumpai inspirasinya datang dari alam, seperti antara lain batu, karang, kayu (driftwood) dan lain-lain.  Karena suatu seni  yang subyektif maka berkembang aliran aliran aquascaping, adakalanya aquascaping penuh dengan dominasi rerimbunan unsur  tanaman air saja dengan memperhatikan komposisi warna tanaman seperti sebuah taman, aliran ini disebut Dutch style (gaya Belanda). Atau kita bisa jumpai aliran yang lebih natural sebagaimana diambil inspirasinya dari alam sebenarnya, Jepang banyak memperkenalkan ide ini (Japanese-inspired nature style).
Aquascaping Dutch Style www.aquaticplantcentral.com
Meskipun tujuan utama dari aquascaping adalah menciptakan keindahan landscape di bawah permukaan air dalam wadah aquarium, tetapi penting diperhatikan aspek teknis dimana kita harus dapat menjaga kestabilan dan keseimbangan suatu ekosistem tiruan yang tertutup, untuk itu penting diperhatikan faktor filtrasi, keseimbangan karbondioksida untuk level yang aman bagi fotosintesis tanaman juga bagi kehidupan fauna di dalamnya (ikan, udang, keong dll), substrat untuk tanaman air dan pemupukan , sistem pencahayaan, control algae dan sebagainya.  

Kelihatannya sulit dan butuh perhatian yang ekstra dari hobby aquascaping ini. Tidak juga dibalik itu semua aquascaping yang berhasil menurut saya adalah aquascaping yang tetap bisa menampilkan keindahan namun dengan sedikit sekali intervensi manusia atas ekosistem tertutup tersebut. Untuk itu dasar aquascaping ini pertama-tama adalah bagaimana kita bisa belajar dari alam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar