Mengapa Tumbuh Ganggang di Aquarium



Situasi  ”perang” melawan ganggang lebih kompleks pada aquarium yang ditanami karena juga mempertimbangkan hidup tanaman. Memang benar bahwa tanaman air berfungsi  menyerap kelebihan amonia / nitrat / fosfat dan membantu menjaga kimia air. Namun tetap saja meski begitu kita bisa tiba-tiba mengalami wabah ganggang terburuk dalam aquarium yang ditanami, Kita bisa saja heran  "bagaimana mungkin ?!"

Mari kita mulai menjawab dengan fakta bahwa tanaman dan ganggang membutuhkan nutrisi yang sama untuk berkembang. Ketidakseimbangan antara lampu, CO2, makro dan mikro-nutrisi/ pupuk mikro adalah penyebab utama yang menyebabkan ganggang tumbuh, karena ketika tanaman memiliki semua elemen dengan skor yang sesuai  dengan tuntutan kebutuhannya, maka tanaman air  menyerap nutrisi  dari air yang jauh lebih efisien dibanding  yang di serap ganggang, sehingga dalam kondisi ideal seperti ini tanaman air tumbuh subur, sedang ganggang tidak diberi kesempatan tumbuh.
Tapi ketika, misalnya, hanya satu dari unsur-unsur ini berkurang, tanaman akan memperlambat metabolisme mereka dan akan meninggalkan nutrisi yang tersedia, kadang-kadang bahkan mulai bocor sehingga nutrisi akan kembali ke dalam kolom air. Pada saat inilah ganggang mulai mengambil kesempatan untuk tumbuh. Ketika ada elemen yang hilang dari daya dukung lingkungan tanaman air akan menunjukkan gejala seperti daun kuning dan lubang pin pada daun, dll. Dalam situasi nutrisi yang “bocor” seperti ini, tidak cukup menambahkan tanaman yang memiliki karakter  cepat tumbuh untuk melawan ganggang, tanpa secara simultan memberikan keseimbangan gizi yang tepat bagi tanaman air  untuk berkembang.
Kita harus ingat ganggang  alga adalah pemulung nutrisi dan dengan bentuk kehidupan jauh lebih sederhana daripada tanaman, mereka akan mengambil keuntungan dalam sistem yang tidak seimbang. Jadi, semua yang perlu kita lakukan adalah untuk memastikan bahwa tanaman air yang ditanam mendapatkan  jumlah yang tepat dari pencahayaan, CO2, makro dan mikro-nutrisi.
Rezim penyubur/ pupuk  juga tergantung pada seberapa kuat lampu akuarium hal ini berkenaan dengan kecepatan fotosintesa tanaman :
 
Tank cahaya rendah
Memiliki sekitar 0,3-0,4 W / L (Watts per liter) dari lampu neon biasa. CO2 dapat ditambahkan melalui DIY Ragi Reaktor, yang murah. Perhatikan pula pemberian pupuk mikro seperti Fe, Mg, Zn, B, S, Mn, Cu, Mo dan K. CATATAN; Karena Besi (Fe) adalah nutrisi mikro yang paling penting sehingga substrat tangki harus memiliki cukup banyak besi. Namun bila kita memberikan pupuk secara instan berupa pupuk cair Fe secara berlebih, hal ini akan mendukung hair algae tumbuh. Yang paling tepat adalah memberikan pupuk kaya zat besi  melalui substrat seperti laterit dan Flourite sehingga mikro besi akan dilepaskan secara perlahan ke kolom air.
Hal lain penting dan dianjurkan untuk melakukan perubahan air 50% per minggu. Dengan cara ini kita membatasi nutrisi build-up, dan setelah itu nutrisi harus kembali tertutup. Sebuah rezim penyubur yang baik adalah untuk memecah nutrisi dosis setiap 2-3 hari. Ketika dosis nutrisi hanya seminggu sekali, tanaman mungkin memiliki kelebihan gizi pada awal dan kurangnya nutrisi dalam bagian kedua dalam seminggu, menyebabkan lebih bervariasi, kondisi tidak seimbang akan mendukung ganggang tumbuh.
Saat ini sedang trend aquarists menset up aquascape dengan  cahaya rendah, tank berteknologi rendah dan perubahan air kira-kira setiap 3-4 bulan (pemeliharaan rendah). Untuk berhasil menjalankan teknologi low tech  ini,  sangat penting untuk memiliki substrat kaya nutrisi. Untuk itu yang dapat dilakukan adalah menutupi substrat kaya nutrisi dengan kedalaman sekitar 4-5 cm kerikil halus, hal ini akan menjaga air bersih dan nutrisi dari keterjangkauan alga. Pupuk cair dapat ditambahkan setiap bulan, dengan setengah dari dosis yang dianjurkan dan jika tanaman menunjukkan tanda tanda kekurangan, dapat  ditambah sesuai dengan dosis yang direkomendasikan. Tank berteknologi rendah biasanya tidak disuntik dengan CO2, sehingga filter outlet  seharusnya tidak mengganggu permukaan air terlalu banyak. Dalam tank berteknologi rendah, tanaman akan tumbuh lambat dan tidak perlu banyak pemangkasan.

Tank Cahaya Tinggi
Memiliki 0,7 W / L atau lebih tinggi dari pencahayaan, dan karena itu perlu CO2 sama tinggi dan tingkat gizi untuk menjaga keseimbangan yang benar sehingga  tanaman  tumbuh cukup cepat dan keluar sebagai pemenang  dari persaingan melawan ganggang. Sebuah sistem CO2 bertekanan menjadi pilihan terbaik dan kita harus siap untuk berinvestasi di dalamnya. Kita mungkin perlu dua atau tiga kali lipat jumlah pemupukan dibanding dengan tingkat pemupukan pada tangki cahaya rendah. Dalam cahaya tinggi set-up CO2 harus dipantau secara hati-hati dan dipertahankan pada sekitar 30 ppm. Pada kedua jenis akuarium (cahaya rendah dan tinggi) tingkat nitrat harus dipertahankan pada 10-15 ppm dan fosfat di 0,5-1 ppm.
Tentu saja kita perlu menambahkan fauna alga eater/ pemakan alga seperti SAE, Otocinclus, udang dan juga jenis siput/snail untuk menyambut bila sewaktu waktu ganggang yang tidak diinginkan datang.
Pemangkasan tanaman air penting karena akan mendorong pertumbuhan pabrik baru fotosintesis , menghentikan daun yang lebih tua yang akan membusuk dan mencemari air.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar