Tips Setting Desain Nanoaquascape



Snow River Nano Aquascape Cylinder Acrylic Tank diameter 20 cm
Dalam aquarium berukuran besar tentunya kita memiliki banyak kesempatan berimajinasi mengenai bentuk pemandangan aquascape yang hendak dibuat, Bagaimana dengan nanoaquascape yang berukuran kecil. Hal ini tentunya memiliki tantangan tersendiri  dalam hal kreatifitas menyiasati keterbatasan luas dan ruang. Pada postingan sebelumnya, hal ini dapat diatasi dengan memilih tanaman air yang mempunyai karakteristik


berukuran mini dengan kecepatan tumbuh yang juga lambat, sebagai contoh : kita masih bisa menanam vallisneria dalam aquascape nano, namun pilihlah jenis vallisneria mini (vallisneria mini twister atau vallisneria americana, pertumbuhan daunnya jauh lebih pendek dan lambat dibanding jenis vallisneria natans atau vallisneria spiralis). Baca juga : Vallisneria sp.
Tips lainnya imajinasikan semua komponen termasuk hardscape dalam ukuran skala yang lebih kecil, pilihlah driftwood yang berukuran kecil, kalau perlu potong dan ambil bagian percabangannya saja, bila masih cukup besar ambil sebagian dari rantingnya saja. Demikian halnya dengan hardscape batuan yang masih ingin ditampilkan, pilihlah bebatuan yang berukuran kecil, pilihlah yang memiliki karakter sudut yang tajam, dengan demikian anda masih dapat menampilkan pemandangan pegunungan meskipun dalam ukuran nano. Batu yang kecil dengan sudut tajam bisa tampil bak gunung dalam aquarium nano.
Buatlah dasar aquarium yang lebih berkontur, bagian depan rendah dan semakin tinggi kebelakang, kontur ini membantu anda mengatasi keterbatasan luas dan ruang yang sempit, anda masih dapat membuat seperti aliran sungai meski dalam ukuran nano, buatlah lebar sungai jauh lebih sempit, dan buatlah semakin kebelakang semakin sempit, hal ini akan menimbulkan efek semakin menjauh dari penglihatan sehingga ukuran nano akan terasa lebih luas.
Efek pemilihan warna daun yang lebih hijau terang dibagian depan dan semakin hijau tua ke bagian belakang juga membantu memberi kesan luas dan dalam meski  hal ini sulit dilakukan. Dan jangan lupa tetaplah memberi space terbuka, yang tidak ditanami tanaman. Menancapkan tanaman pada seluruh luasan nano aquascape justeru hanya akan mempersempit kesan pandangan, dan  memberikan dampak kekacauan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar