Tanaman aquascape untuk tingkat pemula



Sebagai pemula dari pencinta aquascape, terutama bagi yang memiliki budget terbatas untuk melayani hobbi ini (terutama untuk memenuhi  full standar equipment aquascape). Tentunya ada kekuatiran apakah tanaman air aquascapenya akan tumbuh subur “ijo royo royo”, dengan hanya minimal dari tuntutan kebutuhan tanaman air yang dapat kita penuhi.  

Tips ini mungkin akan membantu yaitu hindari pemilihan tanaman air yang memiliki tingkat kesulitan perawatan tinggi (kebutuhan mutlak adanya tambahan injeksi CO2 dan kebutuhan pencahayaan tinggi atau bahkan tambahan mikro nutrisi tertentu).  Hal ini penting bagi pemula, sehingga kesan awal yang mungkin muncul bahwa memiliki hobi aquascape ternyata sulit!, sebab tanaman yang ditanam mudah mati, layu, daun rontok, menguning, busuk dan akhirnya menjadi sampah dapat dihindari atau lebih jauh, kejengkelan dan mungkin frustasi dapat dihindari.
Bagaimana caranya memilih jenis tanaman air yang memiliki kriteria “mudah”, Anda dapat bertanya langsung kepada penjual tanaman air, biasanya  mereka memiliki pengalaman yang lebih lengkap. Atau anda dapat mencari informasi tambahan melalui internet.
Berdasarkan pengalaman saya yang minim, tanaman air yang “mudah”, adalah :
1. Tanaman air yang bertipe floating / mengambang : tanaman ini tidak membutuhkan substrat untuk tumbuh, kita lempar di air pun tanaman ini akan hidup dan tumbuh. Tanaman tipe ini telah mengembangkan kemampuan adaptasinya sehingga mereka cukup mendapat nutrisi dari kolom air, dengan cara mengambang ini pula secara alamiah mereka mendapatkan keterjangkauan cahaya yang melimpah. Tanaman air tipe ini antara lain segala jenis moss seperti Taxiphyllum sp (java moss, christmass moss, peacock moss dll)
2. Tanaman air yang bersifat amphibi : tanaman ini dapat tumbuh dengan sebagian tubuhnya di atas permukaan air (emergen) ataupun bila tenggelam seluruhnya (submergen). Ciri tanaman ini tidak layu atau lemas lunglai tubuhnya bila dikeluarkan dari dalam air. Batangnya cukup kuat menyangga tubuhnya bila dikeluarkan dari dalam air. Tanaman seperti ini semisal : Bacopa sp; Rotala rotundifolia; Hygrophila polysperma; dll. Dengan sifatnya yang amphibi, tanaman air ini telah mengembangkan adaptasinya mendapatkan CO2  yang berlimpah di atas permukaan air dibanding di dalam air. Juga batangnya berusaha cepat meninggi menembus kedalaman air meningkatkan keterjangkauannya terhadap minim cahaya.
3. Tanaman air yang berkembang biak dengan rhizome : seperti Anubias sp., Java Fern (Microsorum pteropus) Cryptocoryne sp.,  dll. Tanaman ini adalah juga tanaman yang bersifat amphibi, dan dapat tumbuh di atas permukaan air, atau bahkan tumbuh cukup menempel pada kayu (bogwood) yang lembab.
4. Beberapa tanaman air yang berkembang biak dengan stolon (batang pelari) seperti Oleocharis parvula; Echinodorus tenellus; Vallisneria sp; Sagittaria subulata. Perkembangan biakan dengan stolon ini menunjukkan secara alamiah tanaman ini “didesain” cepat tumbuh dan berbiak secara horizontal untuk memenangkan persaingan dengan tanaman lainnya dalam daya dukung  lingkungan yang terbatas.
(hal kriteria di atas adalah pengalaman penulis secara umum sebagai 'asumsi' dan tidak dimaksudkan untuk referensi ilmiah).

Berikut beberapa golongan tanaman aquascape yang dapat dipilih untuk tingkat pemula, karena tingkat perawatannya mudah dan cepat tumbuh, tuntutan pencahayaan rendah, tuntutan CO2 juga rendah, serta tidak menuntut tambahan pupuk spesial tertentu (unsur hara mikro).


ANUBIAS
BACOPA CAROLINIANA
CABOMBA
CARDAMYNE
CERATOPHYLLUM
TAXIPHYLLUM
CRINUM
CRYPTOCORYNE
EGERIA DENSA
ECHINODORUS
OLEOCHARIS PARVULA
OLEOCHARIS SP
FONTINALIS ANTYPIRETICA
HETERANTHERA ZOSTERIFOLIA
HOTTONIA PALUSTRIS
HYGROPHILLA CORYMBOSA
HYGROPHILLA DIFFORMIS
HYGROPHILLA POLYSPERMA
HYGROPHILLA POLYSPERMA ROSANERVIG
LIMNOPHYLLA SESSIFLORA
LUDWIGIA
MICROSORUM PTEROPUS
MONOSOLENIUM TENERUM
NYMPHOIDES HYDROPHILLA
ROTALA ROTUNDIFOLIA
SAGITTARIA SUBULATA
STAUROGYNE REPENS
VALLISNERIA
(jenis tanaman ini bersumber dan disarikan dari www.tropica.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar